SELAMAT DATANG PARA PENCARI ILMU KIMIA, DISINI | KLIK LINK INI UNTUK LEBiH BANYAK LAGI| TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN NYA |

Senin, 06 Juni 2011


SILABUS
Nama Sekolah                     :
Mata Pelajaran                    : KIMIA
Kelas/Semester                   : XII/2
Standar Kompetensi          : 4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.
Alokasi Waktu                      : 40 (6 jam untuk UH)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

§ Struktur dan tata nama senyawa karbon







§ Isomer





§ Sifat fisis dan sifat kimia senyawa karbon



·   Kegunaan senyawa karbon
·     Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.
·     Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
·     Latiahan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.

·     Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
·     Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.

·     Menganalisis data  titik didih dan titik leleh senyawa karbon  untuk menjelaskan sifat fisik melalui diskusi.

·     Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.

§ Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
§ Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.





§ Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.




§ Menjelaskan sifat fisik senyawa karbon.




§ Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Responsi
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis

16 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
LCD, komputer
4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.

§ Struktur dan tata nama benzena dan turunannya


§ Reaksi benzena




§ Sifat fisik dan sifat kimia benzen dan turunannya

§ Kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
·     Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.


§ Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzeana.
§ Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.

§ Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.

·     Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahayasenyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari. 
§ Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.



§ Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
§ Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.

§ Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzen dan turunannya


§ Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain 
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan
Bentuk instrumen
laporan tertulis, Tes tertulis

6 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
LCD, komputer
4.3 .Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)

§ Polimer





















§ Karbohidrat












§ Protein
·     Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan polimer alam dalam kerja kelompok 
·     Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer,  polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.
 (Sebagai penerapan dari teori yang dipelajari bagi daerah yang terdapat industri penghasil polimer seperti karet sintetis, serat sintetis dan sebagainya agar memanfaatkan industri tersebut sebagai sumber bahan belajar)



·     Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas
§ Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.
·     Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok

·     Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas
§ Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
§ Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
§ Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
§ Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan












§ Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
§ Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
§ Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen




§ Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
§ Menentukan gugus peptida pada protein.
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Tugas kelompok
Responsi
Ulangan
§ Bentuk instrumen
laporan tertulis,
performans(kinerja dan sikap) ,
Tes tertulis

6 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja, Bahan/alat untuk praktek
LCD, komputer
4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

§ Rumus struktur dan nama lemak
§ Penggolongan lemak dan minyak
§ Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Fungsi dan peran lemak dan minyak
·     Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
§ Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
§ Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
§ Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
§ Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
§  Jenis tagihan
Tugas individu
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
laporan tertulis,
Tes tertulis
6 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja,
LCD, komputer







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites